Download

Sabtu, 22 Juni 2013

PERIKASA HATI

Imam Ja’far menyebutkan bahwa saat noktah hitam itu mengusai seluruhnya dengan artian titik putih itu tergantikan, maka seseorang yang sudah demikian akan susah untuk kembali kejalur kebaikan. Dan saya kira inilah yang amat berbahya dan patut untuk diwaspadai. Saat hati tak lagi bisa merasa, tak lagi terikat pada nilai kebaikan, artinya hati telah kelam diselimuti oleh awan mendung. Jika hal ini terjadi, maka epek yang akan muncul adalah hadirnya sosok yang membawa kemunduran dan buta mata hati dari kebaikan, mata bathinnya telah terhijab oleh noktah hitam yang disebabkan prilaku pelanggaranya. 

Matinya mata hati mencegahnya untuk melihat kebenaran apalagi menggali kebenaran,  meskipun mata lahirinya normal. Allamah al-Majlisi ra. menjelaskan bahwa iman memerintahkan kita untuk takut kepada segala jenis dosa, kerena dosa tampak seperti  demikian sehingga ia tidak mungkin diabaikan.  
Manusia yang memiliki hati hitam sulit atau tertutup telinga, mata dan hati dari nasihat-nasihat yang mengajak pada  kebenaran dan kebaikan. Sikap tertutupnya itu disertai dengan sebuah pengakuan bahwa apa yang ia lakukan adalah tindakan yang baik pula, takayal mereka pun membuat dalih untuk menguatkan kedudukanya. Sebuah tindakan burukkan bertambah buruk jika dibareng dalih yang terlihat seperti kebenaran.   

Bukan hanya dosa yang akan dilakukan, tentunya kita juga harus mewaspadai dosa-dosa dimasa lalu, mangapa? Rahmat Allah selalu datang kepada hamba-Nya yang senantiasa mengharap Rahmat-Nya, dan mereka yang mengharapkan akan senantiasa berupaya untuk mengapainya. Para pendosa yang ingin mengharapkan itu haruslah pula menaubati dosa yang terlah dilakukanya, karena jika noktah hitam dihati belum dihapusnya, kemungkian noktah  hitam itu akan membawanya kelubang dosa lagi. Sesorang yang berbuat dosa tapi tidak melakukanya, tetapi kadang kala melakukannya juga. Allah melihatnya juga dan berkata, “ Demi Keagungan-Ku ini, setelah ini Aku tak akan memaafkanmu.” (Imam Ja’far)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More