Download

Senin, 05 Agustus 2013

Spontanitas MENULIS


Menulis adalah mengeluarkan lintasan-lintasan dalam pikiran melalui tulisan, berupa opini, curhat, gagasan dan lain sebaginya. Setiap orang yang tau hurup dan membacanya pasti bisa menulis, tetapi menulis yang Saya maksud bukanlah menulis asal tulis saja, tetapi tulisan yang didalamnya mengandung hikamh, gagasan dan pengetahuan yang bermanfaat untuk khalayak. 



Menulis seperti itu tidaklah mudah, tetapi kita bisa melakukanya. Untuk itu kita terlebih dahulu harus mengerti tetapi mekanisme dan lintasan dalam pikiran, sehingga tatakala kita melakukan proses menulis kita tidak ketinggalan oleh lintasan pikiran yang sangat cepat. Ada jeda, antara lintasan pikiran dengan proses mengungkapkannya, untuk itu kita harus bisa menuliskan gagasan pokoknya terlebih dahulu, agar ide yang terlintas itu tidak kabur begitu saja.

Kemudian, bikin tahapan berupa konsep untuk memudahkan Anda mengeluarkan gagasan tersebut. Hal yang perlu dicatat adalah bahwa hal yang terpenting dari menulis adalah spontanitasnya. Muhamad Gunawan (MG), Penulis kawakan serta salah satu dari pengagas kurikulum 2013 mengatakan hal demikian di harian Tempo. Ada aspek spontanitas  yang mesti ada dalam menulis, menulis dan menuliskannya, Free writing. 

Selamat menulis untuk hari ini…

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More